}

Saturday, October 30, 2010

Pengertian CMS ( content management system )

Content Management System adalah aplikasi yang didesain untuk menciptakan, mengatur dan mengimprovisasi data. Menyederhanakan proses yang kompleks dan rumit dalam mempublikasikan konten pada website atau intranet. Dalam CMS, data dapat berbentuk apa saja - teks, gambar, film, data teknologi, dan lainnya.
Dengan kemudahan ini bahkan orang awam pun dapat membuat teks dan konten dengan fitur halaman multimedia dengan menggunakan aplikasi yang cerdas ini. Selain kemampuannya yang cukup banyak dalam hal desain dan publikasi halaman web, CMS juga digunakan untuk menjalankan tugas-tugas seperti :

1. Membantu menerima data dan melakukan penyimpanan dengan mudah.

2. Membantu mencegah duplikasi konten Mempermudah tugas dalam penulisan laporan Pengaksesan data dengan hak akses.

Jenis-jenis CMS - Secara garis besar terdapat 5 jenis Content Management System yaitu :

1. Enterprise CMS (ECMS) - Berhubungan dengan menciptakan, mengatur, membagi informasi dalam organisasi, juga mengoptimalkan proses bisnis perusahaan. Umumnya menyatu dengan aplikasi dari organisasi tersebut, memastikan alur proses konten data ke user lancar, mengurangi resiko dan mencegah duplikasi.

2. Web CMS (WCMS) - Seperti disebutkan diatas, bertujuan untuk membuat kerja mendesain den mempublikasikan konten jauh lebih mudah sehingga setiap orang dapat membuat konten tanpa perlu memiliki kemampuan HTML.

3. Mobile CMS (MCMS) - Membantu menyimpan dan menyalurkan konten ke perangkat mobile seperti telepon genggam, PDA, dan sebagainya.

4. Component CMS (CCMS) - Mengatur konten dalam level berjenjang .

5. Document CMS (DCMS) - Mengatur data elektronik dokumen dan gambar. CMS - Open Source - Open Source CMS tersedia dimana kita dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan anda, tetapi apabila anda ingin kebutuhan yang lebih spesifik seperti multi bahasa, auto link check, dan sebagainya maka anda perlu memesan khusus aplikasi ini. Kapan menggunakan CMS - Sebenarnya ini tergantung dari berbagai faktor dimana anda membutuhkan CMS atau tidak. Seperti ukuran website , jumlah pengunjung yang dihasilkan dari website , pengetahuan dan keahlian dari web master. Apabila website anda berukuran besar, tentunya terdiri dari banyak konten dan materi untuk dikelola. Jadi ini membutuhkan CMS. Yang akan menyimpan materi dalam format yang terstruktur dan efisien serta berbentuk database yang berkualitas.Sisi administratif dari CMS akan mengatur segala kerahasiaan database. Bahkan terkadang website kecilpun juga memerlukan CMS. CMS juga berfungsi dalam mengemat waktu dalam melakukan perubahan pada website anda tanpa perlu pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan website . Ini akan menghemat waktu anda dalam mengontak web desainer lagi dan lagi untuk melakukan modifikasi kecil secara berkala. Atribut sebuah CMS yang efektif - Fitur utama dari CMS adalah kemudahan dalam penggunaan. Seperti mendesain layout, mempublikasi dan mendistribusikan data. Harus memiliki support yang kuat apabila suatu saat web master mengalami kendala dalam hal teknis dan skill. Harus cukup sederhana untuk dipelajari. Error kontrol yang dapat terbaca. Selain hal diata, CMS yang baik adalah dapat diarahkan ke berbagai versi dan skala pada berbagai platform. Semua hal diatas yang menentukan baik tidaknya sebuah CMS.

No comments:

Post a Comment

CommenT pleaZ...