}

Saturday, October 30, 2010

Cara mengubah blog menjadi mobile

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengubah blog menjadi mobile, yaitu dengan mendaftarkan ke situs-situs yang menyediakan konverter ke versi mobile atau dengan menggunakan plugin.
Situs-situs penyedia jasa konverter seperti :
1. Mippin
2.Mofuse
3.Mobify
4.Google mobile optimizer .
Untuk yang lain disurfing aja di google .

Di sini saya lebih memilih menggunakan plugin karena lebih praktis. Ada dua plugin, yaitu mobilepress dan wordpress-mobile-pack.


Saya akan menjelaskan langkah-langkah mengubah blog menjadi versi mobile menggunakan wordpress-mobile-pack. Cara instalasi wordpress-mobile-pack :

1. Download plugin wordpress- mobile-pack.

2. Upload plugin, install dan aktifkan
3. Setelah terinstall settingan plugin wordpress- mobile-pack akan muncul di menu Appreance bukan di menu plugins .

Berikut Cara settingan plugin wordpress-mobile-pack :

1. Menu mobile Theme. Pada menu ini kita dapat mensetting jumlah postingan yang akan tampil di versi mobile, jumlah widget, dan settingan untuk menghapus menonaktifkan media yang ada(flash, movie, dll)

2. Menu mobile widget. Pada menu ini kita diijinkan untuk memasukkan widget2 apa saja yang akan ditampilkan pada blog versi mobile
3. Mobile switcher. Menu ini adalah menu untuk mensetting tampilan blog versi mobile ini. Dan menurut saya yang terpenting settingan adalah settingan switcher mode. Maksudnya di sini adalah cara sistem ini untuk mendeteksi kapan harus diubah untuk menjadi versi mobile atau versi dekstop. Saya memilih switcing : browser. nantinya blog ini akan mendeteksi browser yang digunakan dan jika pengunjung menggunakan opera mini atau sebagainya, blog ini akan otomatis mengubah dirinya menjadi versi mobile.

No comments:

Post a Comment

CommenT pleaZ...